Oct 11, 2009

Diet Afrika Selatan

Diet Afrika Selatan ini mengikuti pola makan sehat ala penduduk desa-desa di Afrika Selatan. Diet ini sangat mengutamakan bahan makanan sehat sekaligus dengan cara pengolahannya yang sehat.

Menurut penelitian Medical Research Council, pola makan mereka warga pedesaan di Afrika Selatan dianggap lebih sehat daripada penduduk di kota besar. Sebab, warga desa ini lebih banyak mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang lebih lengkap.

Makanan yang dikonsumsi merupakan tumbuhan liar berupa sayuran dan umbi-umbian seperti ubi, daun labu, morogo (semacam bayam), dan sebagainya. Cara memasaknya pun lebih sehat misalnya direbus, dikukus, atau dibakar.

Apa saja yang perlu diperhatikan saat menjalani diet Afrika Selatan ini?

Nikmati variasi makanan
Bangsa Afrika Selatan sangat menyukai ragam bahan makanan dalam menu sehari-harinya. Mereka juga selalu mencari inovasi bahan makanan baru yang sehat. Bahan makanan yang lebih bervariasi akan memberi hasil yang lebih beragam. Selain tak membosankan saat dimakan, Anda juga bisa merasakan banyak asupan nutrisi.

Variasi sumber karbohidrat
Selama ini kita terlalu mengandalkan nasi beras putih sebagai sumber karbohidrat. Padahal, banyak sumber karbohidrat lain yang lebih baik daripada beras putih. Misalnya beras merah, sereal gandum, roti gandum, pasta, dan sebagainya.

Ganti karbohidrat dalam menu sehari-hari Anda dengan bahan yang lebih banyak mengandung serat. Lakukan variasi beras merah atau sereal gandum.

Kurangi bumbu
Menu makanan masyarakat pedesaan Afrika Selatan tidak banyak menggunakan bumbu. Mereka lebih menikmati makanan sesuai rasa aslinya dengan cara direbus atau dikukus. Kurangi gula, garam, dan bumbu lainnya seperti kecap asin dan manis atau saus. Lebih baik ganti dengan minyak zaitun atau minyak sayur.

Minum banyak air
Diet ini mengharuskan Anda lebih memilih minum air putih daripada minuman lainnya. Kurangi soft drink atau kopi yang tinggi kalori dan tidak baik untuk kesehatan jantung

Perbanyak buah dan sayuran sebagai camilan
Di sela makan, biasakan mengonsumsi buah dan sayuran daripada camilan tidak bergizi. Hindari camilan berat yang justru membuat bobot Anda melonjak mosalnya gorengan, keripik kentang, dan sebagainya. Buah dan sayur yang kaya vitamin dan antioksidan akan lebih baik untuk ketahanan tubuh Anda. Setidaknya konsumsi buah dan sayuran lima kali sehari.


p/s: terbaca kat blog Eedany pasal diet afrika..tu yg nak tau ..

6 comments:

yatie said...

rasa cam baca blog indon la kak/...

joegrimjow said...

diet cara herbalife lagi best ;)

:: p R i n c E s S _ N :: said...

hohoho..N pon bace gakss...

neezareef said...

diet afrika..kekekek...yeler org afrika kan kurang mkn..sape diet gegiler tu dah seropa org afrika la mknnye ek..hehe

rasp said...

oooo nie leh ikut utk 'cabaran diet setahun' ke sis hehehehe..

CuTeMiUt78 said...

ooohhh.. gitu la plak. ya kty..